Jumat, 18 Januari 2013

Cegah Konflik Lahan: Pemkab Mukomuko Usul Dirikan Gedung Keserasian Sosial

SUARAAGRARIA.com, Bengkulu: Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mengusulkan kepada Kementerian Sosial untuk membangun gedung keserasian sosial di perbatasan Bengkulu dengan Sumatera Barat. Hal ini dimaksud agar menghindari konflik di perbatasan terkait persoalan pertanahan dan lahan garapan.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Mukomuko, Suyoso, di Mukomuko, Minggu. Gedung keserasian social nantinya termasuk rumah ibadah di perbatasan Bengkulu dengan Sumatera Barat.

"Pembangunan gedung tersebut agar bisa dimanfaatkan bersama oleh dua warga di wilayah yang berbeda sehingga terjalin hubungan komunikasi yang baik," terang Suyoso.

Menurutnya,  perbatasan Bengkulu dengan Sumatera Barat merupakan salah satu potensi konflik sosial di Kabupaten Mukomuko.  Apalagi saat ini persoalan yang mengemuka saat ini di sana menyangkut  masalah pertanahan dan lahan garapan.

Dengan adanya fasilitas umum tersebut diharapkan akan membangun komunikasi yang sehat bagi dua pihak warga di perbatasan. "Misalnya, kalau saling bertemu setiap hari di masjid, kecil kemungkinan akan ribut,” paparnya.

"Rencana ini akan kita teruskan kepada Kementerian Sosial," ujarnya.

sumber/
source:

suaraagraria.com


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar